WELCOME TO BUDDHISM NETWORK Buddhism Network: 75 SEKKHIYA (Peraturan Latihan)

Senin, 19 September 2011

75 SEKKHIYA (Peraturan Latihan)

oleh : Upa. Gunawaro.s

Bab. I Berkenaan dengan mengenakan jubah terdapat 26 peraturan:
1.       Saya akan mengenakan jubah dalam secara rapi; ini latihan untuk dilaksanakan
2.       Saya akan mengenakan jubah luar secara rapi; ini latihan untuk dilaksanakan
3.       Saya akan pergi ke tempat umum dengan jubah tertutup rapi; ini latihan untuk dilaksanakan
4.       Saya akan duduk di tempat umum dengan juba tertutup rapi; ini latihan untuk dilaksanakan
5.       Saya akan ke tempat umum dengan penuh pengendalian diri; ini latihan untuk dilaksanakan
6.       Saya akan duduk di tempat umum dengan penuh pengendalian diri; ini latihan untuk dilaksanakan
7.       Saya akan pergi ke tempat umum dengan mata memandang ke bawah; ini latihan untuk dilaksanakan
8.       Saya akan duduk di tempat umum dengan mata memandang ke bawah; ini latihan untuk dilaksanakan
9.       Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan jubah tersingsing ke atas; ini latihan untuk dilaksanakan
10.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan jubah tersingsing ke atas; ini latihan untuk dilaksanakan
11.   Saya tidak akan pergi ketempat umum dengan tertawa keras-keras; ini latihan untuk dilaksanakan
12.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan tertawa keras-keras; ini latihan untuk dilaksanakan
13.   Saya akan pergi ke tempat umum dengan tenang; ini latihan untuk dilaksanakan
14.   Saya akan duduk di tempat umum dengan tenang; ini latihan untuk dilaksanakan
15.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan menggoyang-goyangkan badan; ini latihan untuk dilaksanakan
16.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan menggoyang-goyangkan badan; ini latihan untuk dilaksanakan
17.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan menggoyang-goyangkan lengan; ini latihan untuk dilaksanakan
18.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan menggoyang-goyangkan lengan; ini latihan untuk dilaksanakan
19.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan menggoyang-goyangkan kepala; ini latihan untuk dilaksanakan
20.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan menggoyang-goyangkan kepala; ini latihan untuk dilaksanakan
21.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan bertolak pinggang; ini latihan untuk dilaksanakan
22.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan bertolak pinggang; ini latihan untuk dilaksanakan
23.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan kepala tertutup; ini latihan untuk dilaksanakan
24.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan kepala tertutup; ini latihan untuk dilaksanakan
25.   Saya tidak akan pergi ke tempat umum dengan berjalan berjingkat-jingkat; ini latihan untuk dilaksanakan
26.   Saya tidak akan duduk di tempat umum dengan merangkul lutut; ini latihan untuk dilaksanakan
Itulah 26 Peraturan tentang tingkahlaku yang baik






Bab. II Berkenaan dengan cara makan terdapat 30 peraturan:
27.   Saya akan menerima dana makanan dengan baik; ini latihan untuk dilaksanakan
28.   Saya akan menerima dana makanan dengan perhatian pada mangkok; ini latihan untuk dilaksanakan
29.   Saya akan menerima dana makanan dengan lauk-pauk yang sesuai (satu bagian lauk dengan empat bagian nasi); ini latihan untuk dilaksanakan
30.   Saya akan menerima dana makanan sesuai dengan ukuran mangkok tidak berlebih-lebihan sampai tumpah; ini latihan untuk dilaksanakan
31.   Saya akan makan dana makanan dengan hati-hati; ini latihan untuk dilaksanakan
32.   Saya akan makan dana makanan dengan perhatian pada mangkok; ini latihan untuk dilaksanakan
33.   Saya akan makan dana makanan tanpa pengecualian; ini latihan untuk dilaksanakan
34.   Saya akan makan dana makanan dan lauk-pauk dengan perbandingan yang sesuai (satu bagian lauk-pauk dengan empat bagian nasi); ini latihan untuk dilaksanakan
35.   Saya tidak akan makan dana makanan dengan mengambilnya dari atas ke bawah; ini latihan untuk dilaksanakan
36.   Saya tidak akan menutupi lauk-pauk dengan nasi untuk meperoleh lebih banyak; ini latihan untuk dilaksanakan
37.   Saya tidak akan meminta lauk-pauk atau nasi untuk kepentingan sendiri dan memakannya kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
38.   Saya tidak akan melihat mangkok orang lain dengan perasaan iri hati; ini latihan untuk dilaksanakan
39.   Saya tidak akan membuat suapan yang sangat besar; ini latihan untuk dilaksanakan
40.   Saya tidak akan membuat suapan yang bulat; ini latihan untuk dilaksanakan
41.   Saya tidak akan membuka mulut sebelum makanan sampai di mulut; ini latihan untuk dilaksanakan
42.   Saya tidak akan memasukan seluruh jari tangan sewaktu makan; ini latihan untuk dilaksanakan
43.   Saya tidak akan bicara dengan mulut yang penuh makanan; ini latihan untuk dilaksanakan
44.   Saya tidak akan melemparkan makanan ke dalam mulut; ini latihan untuk dilaksanakan
45.   Saya tidak akan menggigit bongkahan nasi; ini latihan untuk dilaksanakan
46.   Saya tidak akan makan dengan cara menggembungkan pipi; ini latihan untuk dilaksanakan
47.   Saya tidak akan makan dengan menggoyang-goyangkan tangan; ini latihan untuk dilaksanakan
48.   Saya tidak akan makan dengan mengahamburkan butiran nasi; ini latihan untuk dilaksanakan
49.   Saya tidak akan makan dengan menjulurkan lidah; ini latihan untuk dilaksanakan
50.   Saya tidak akan makan dengan menimbulkan bunyi kecapan (capu-capu); ini latihan untuk dilaksanakan
51.   Saya tidak akan makan dengan menimbulkan bunyi suru-suru; ini latihan untuk dilaksanakan
52.   Saya tidak akan makan dengan menjilat-jilat tangan; ini latihan untuk dilaksanakan
53.   Saya tidak akan makan dengan menggaruk-garuk dasar mangkok dengan jari-jari tangan (secara diam-diam itu menunjukan hampir kosong); ini latihan untuk dilaksanakan
54.   Saya tidak akan makan dengan menjilati bibir; ini latihan untuk dilaksanakan
55.   Saya tidak akan menerima tempat air minum dengan tangan yang kotor oleh makanan; ini latihan untuk dilaksanakan
56.   Saya tidak akan membuang air pencuci mangkok yang mengandung butiran nasi ke tempat umum; ini latihan untuk dilaksanakan
Itulah 30 peraturan tentang cara makan yang baik

Bab. III Berkenaan dengan mengajar Dhamma terdapat 16 peraturan
57.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang memegang payung kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
58.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang memegang tongkat kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
59.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang memegang pisau kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
60.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang memegang senjata kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
61.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang mengenakan sandal kayu kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
62.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang mengenakan alas kaki kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
63.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang berada dalam kendaraann kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
64.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma Kepada orang yang berada dalam pembaringan kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
65.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang duduk merangkul lutut kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
66.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma keapada orang yang mengenakan tutup kepala kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
67.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang kepalanya terbungkus kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
68.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang duduk di tempat duduk sementara saya duduk di tanah kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
69.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma  kepada orang yang duduk lebih tinggi, sedangkan saya duduk di tempat yang lebih rendah kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
70.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang berjalan didepan, sementara saya di belakang kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
71.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma sewaktu berdiri kepada orang yang duduk kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
72.   Saya tidak akan mengajarkan Dhamma kepada orang yang sedang berjalan di jalan, sedangkan saya berjalan di tepi jalan kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
Itulah 16 peraturan tentang mengajar Dhamma yang baik

Bab. IV Peraturan yang lainnya ada 3:
73.   Saya tidak akan buang air besar atau kecil sambil berdiri kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
74.   Saya tidak akan buang air besar, kencing, atau meludah pada tumbuh-tumbuhan hijau kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan
75.   Saya tidak akan buang air besar, kencing, atau meludah pada air yang mengalir kecuali sakit; ini latihan untuk dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar