WELCOME TO BUDDHISM NETWORK Buddhism Network: Penemuan Rupang Buddha di Kirgizstan

Selasa, 20 September 2011

Penemuan Rupang Buddha di Kirgizstan


18 September 2011
Bishkek, Kirgizstan – Bulan Juli lalu, para arkeolog di Kirgizstan telah menemukan sebuah rupang Buddha masif di perbukitan di luar ibu kota Bishkek.
Sebuah tim arkeolog bekerja di sebuah situs penggalian di Krasnaya Rechka, 35 km di luar ibu kota, telah menemukan sebuah rupang Buddha setinggi 1,5 meter.
Para arkeolog dari Akademi Sains Kirgizstan, bekerja sama dengan kolega dari Museum Hermitage di St Petersburg, Rusia, melakukan penggalian di sebuah rangkaian bidang tanah yang mereka percaya menutupi sisa-sisa peninggalan dari sebuah kompleks vihara.
Penemuan Rupang Buddha di Kirgizstan“Patung ini setinggi dua ukuran manusia. Jika kita dapat meluruskan dan meletakkannya secara vertikal, tingginya mungkin dapat mencapai sekitar empat meter. Karena patung ini dalam posisi duduk, maka tingginya sekitar satu setengah sampai dua meter,” kata Valery Kolchenko, seorang arkeolog dari Akademi Nasional Sains Kirgizstan, seperti yang dilansir oleh 3news (18/7).
Penemuan Rupang Buddha di Kirgizstan. Sbr: 3news.co.nz
Para arkeolog mempercayai bahwa rupang tersebut berasal dari rentang waktu antara abad ke-8 sampai ke-10, meskipun demikian tes lebih lanjut terhadap rupang tersebut perlu dilakukan untuk memastikan usia yang tepat.
Penemuan peninggalan-peninggalan Buddhis di daerah pegunungan Kirgizstan merupakan hal yang langka. Kebudayaan Buddhis pra-Islam telah terdokumentasikan dengan baik di wilayah jauh selatan Tajikistan, namun sangat tidak biasa berada di wilayah utara daerah tetangga, Kirgizstan.
Masyarakat setempat sudah terbiasa dengan penggalian tersebut, dan mengetahui benar bahwa lading pertanian mereka berada di daerah yang kaya akan arkeologi.
Pada awal penggalian di situs yang sama dekat desa Krasnaya Rechka, para arkeolog menemukan peninggalan-peninggalan sebuah vihara, benteng, kompleks istana Karakhanid dan pemakaman Buddhis dan Kristen awal.

Sumber : http://berita.bhagavant.com/2011/09/18/penemuan-rupang-buddha-di-kirgizstan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar